Dr. Syaifuddin, S.Si., M.Pd memberikan materi STEM di MI,MTs dan MA Kecamatan Wajak Kabupaten Malang
Terdapat 4 komponen yang harus
dilakukan dalam pendekatan STEM. Keempat tersebut adalah Science, Technology,
Engeneering, dan Mathematics.
1.
SCIENCE
bidang science, guru mampu mengarahkan siswa untuk
menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik
adalah lima langkah. Kelima langkah tersebut adalah mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Mengamati merupakan metode yang
mengutamakan kebermaknaan proses pembelajaran (meaningfull learning).
Kegiatan belajar yang dilakukan dalam proses mengamati adalah membaca,
mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat). Kompetensi yang
dikembangkan adalah melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Menanya merupakan kegiatan pembelajaran
yang dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik). Kompetensi yang dikembangkan adalah
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Mengumpulkan informasi/eksperimen merupakan
kegiatan pembelajaran yang berupa eksperimen, membaca sumber lain selain buku
teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber.
Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen
adalah mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
Peserta Pelatihan STEM Kecamatan Wajak Kabupaten Malang
Mengasosiasikan/mengolah informasi merupakan
kegiatan pembelajaran yang berupa pengolahan informasi yang sudah dikumpulkan
baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi. Kompetensi yang dikembangkan
dalam proses mengasosiasi/mengolah informasi adalah mengembangkan sikap jujur,
teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan.
Mengkomunikasikan merupakan kegiatan
pembelajaran yang berupa menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya. Kompetesi yang
dikembangkan dalam tahapan mengkomunikasikan adalah mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
singkat dan jelas, dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.
2.
TECHNOLOGY
Dalam bidang technology, guru mampu mengarahkan siswa untuk
mengkolaborasikan dalam penggunaan teknologi baik mengolah informasi maupun
menyampaikan informasi yang diperoleh. Mengolah informasi
merupakan kegiatan pembelajaran yang berupa pengolahan informasi yang sudah
dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi. Kompetensi
yang dikembangkan dalam proses mengasosiasi/mengolah informasi adalah
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam menyimpulkan. Dengan menggunakan teknologi saat mengolah informasi dapat
membantu siswa mengembangkan kompotensi dalam menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif. Begitu juga saat menyampaikan informasi,
penggunaan teknologi akan membantu siswa memahami apa yang dipelajari siswa
tersebut.
3.
ENGINEERING
Dalam bidang Engineering, guru mampu mengarahkan siswa untuk
mengkolaborasikan hasil temuannya guna menciptakan suatu produk atau dapat pula
mencari solusi-solusi yang tepat. Siswa
diharapkan mampu merancang suatu produk dari hasil belajar yang telah
dilakukan.
4.
MATHEMATIC
Bidang Mathematic, guru mampu mengarahkan siswa untuk menggunakan
pendekatan matematika dalam mengolah data yang didapat.
Publiser :
Malangguide.com